Selasa, 04 Oktober 2011

hubungan timbal balik sekolah dan masyarakat


Pendahuluan

Sekolah dan masyarakat adalah satu kesatuan yang  tidak bisa dipisahkan , keduanya mwempunyai hubungan timbal  balik yang  sangat besar manfaatnya. Sekolah merupakan tempat belajar bagi masyarakat, sementara  masyarakat  adalah tempat untuk  sekolah menyebarkan fungsi  dan manfaat dari sekolah. 
Proses belajar yang inovatif adalah  belajar dilingkungan sekolah dan masyarakat. Anak-anak sdisdik untuk berpartisipasi secara luas didalam kehidupan masyarakat , dan mengantisipasi kehidupan masyarakat yang akan datang, tempat mereka hidup  dan terlibat didalamya setelah mereka dewasa. Dsisinilah ilmu-ilmu yang diperoleh selama sekolah akan digunakan.















Pengaruh timbal balik sekolah dan masyarakat
Kerja sama sekolah dan masyarakat digolongkan menjasdi tiga jenis hubungan yaitu :
1.      Hubungan Edukatif
Hubungan edukatif  yang  dimaksudkan adalah kerjasama dalam mendidik murid, antara guru disekolah dan orang tua dalam keluarga. Adanya hubungan ini  dimaksudkan agar tidak terjadi perbedaan prinsip atau bahkan pertentangan yang dapat mengakibatkan keraguan-keraguan pendirian dan sikap pada diri anak atau murid. Kerjasama dalam berusaha memenuhi fasilitas-fasilitas yang diperlukan untuk belajar  disekolah maupun dirumah dalam memecahkan masalah-masalah yang menyangkut kesulitan belajar maupun kenakalan anak.

2.      Hubungan Kultural
Kerjasama antara sekolah dan masyarakat yang memungkinkan adanya saling membina dan mengembangkan kebudayaan masyarakat       tempat sekolah itu berada. Sekolah merupakan suatu lembaga yang  seharusnya dapat dijadikan barometer bagi maju-mundurnya kehidupan, secara berfikir, kepercayaan, adat-istiadat dsb. Sekolah dan masyarakat merupakan tempat titik pusat norma-norma kehisdupan (norma agama, etika, sosial. estetika dsb)

3.      Hubungan institusional
Kerjasama antara sekolah dengan lembaga-lembaga atau instansi-istansi resmi lain, baik swasta maupun pemerintah. Sekolah sebagai lembaga pendidikan yang mendidik anak-anak yang nantinya akan hidup sebagai anggota masyarakat yang terdiri atas berbagai macam golongan, jabatan, status sosial dan bermacam-macam pekerjaan, sangat memerlukan adanya hubungan ini sekolah dapat mminta bantuan dari lembaga itu.


Sumber : Drs Ngalim Purwanto, Administrasi dan supervisi Pendidikan. Penerbit Nasco, Jakarta. 1974. P. 192







Penutup


Kesimpulan

              Sekolah adalah bagian dari masyarakat pentingnya hubungan sekolah dan masyarakat dikaitkan dengan semakin banyaknya isyu yang berupa kritik-kritik dari masyarakat tentang baik buruknya suatu sekolah maupun memberikan pendidikan formal dan juga pendidikan informal, baik untuk masa sekarang atau masa yang akan datang.

              Sekolah merupakan  konsep yang luas, yang mencakup baik pendidikan formal maupun lembaga pendidikan non formal. Sedangkan masyarakat merupakan konsep yang mengacu kepada semua individu, kelompok, lembaga ataupun organisasi yang berada diluar sekolah sebagai lembaga pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar